5 Manfaat Makan Kedelai Sebelum Olahraga

Kedelai merupakan makanan yang tinggi nutrisi, selain itu kedelai memiliki manfaat untuk kesehatan. selain itu ternyata makan kedelai sebelum olahraga memiliki manfaat untuk kesehatan berikut ulasannya :

1. Bantuan membakar lebih banyak lemak

Kedelai adalah makanan rendah glikemik nilai indeks. Indeks glikemik (GI) itu sendiri adalah nilai yang mengukur seberapa cepat karbohidrat dari makanan diubah menjadi gula di dalam tubuh. Menurut sebuah studi dalam International Journal of Ilmu Pangan dan Gizi tahun 2013, makan snack dengan nilai GI rendah sebelum olahraga dapat mendukung pembakaran lemak lebih efektif.

5 Manfaat Makan Kedelai Sebelum Olahraga
5 Manfaat Makan Kedelai Sebelum Olahraga

Hal ini karena ketika Anda berolahraga, tubuh mendapat energi dari oksidasi karbohidrat dan lemak. Nah, makan makanan GI rendah dapat memaksimalkan oksidasi lemak, sehingga terlalu banyak lemak diubah menjadi energi, tidak lagi menumpuk di dalam tubuh. Anda juga menjadi lebih kuat untuk olahraga.

2. Menambah massa otot

Bagi Anda yang ingin membangun otot melalui latihan, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti kedelai sebelum melakukan aktivitas fisik.

Sebuah penelitian yang melibatkan atlet laki-laki ditemukan peningkatan massa tubuh ramping. Selama 9 minggu, para atlet diberikan 33 gram kacang kedelai saat menjalani pelatihan.

Selain kedelai, protein whey mereka juga diberikan sebagai pembanding. Meskipun kedua menunjukkan hasil yang sama, kedelai memiliki manfaat tambahan, yang menyediakan antioksidan untuk peserta.

Oleh karena itu, disarankan untuk makan makanan ringan kedelai sebelum latihan. Selain itu, cobalah untuk makan 2-3 jam sebelum aktivitas fisik. Ini agar Anda tidak memiliki sakit perut atau mual karena latihan setelah makan.

3. Sumber energi yang tidak membuat gemuk

Hal ini karena kedelai ke dalam kategori makanan dengan nilai indeks glikemik rendah. Kabar baiknya, makanan dengan kandungan GI rendah untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Seperti dilansir MayoClinic, sebuah penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan pada orang yang menjalani diet rendah GI adalah di kisaran 1-55.

Nah, karena kedelai termasuk dalam kategori IG rendah (sekitar 16-34), Anda dapat memilihnya sebagai energi filler sebelum latihan tidak membuat gemuk. Jika Anda ingin mempertahankan atau menurunkan berat badan, disarankan untuk mengubah diet dan olahraga yang baik seimbang.

4. performa latihan Peningkatan

Kandungan isoflavon yang terkandung dalam kedelai benar-benar bisa menambah kinerja Anda selama latihan. Zat ini menghasilkan antioksidan yang akan mempercepat proses pemulihan sel dan mengurangi nyeri otot dan peradangan. Oleh karena itu, mengonsumsi kedelai sebelum olahraga dapat menjadi cara yang bijaksana untuk membantu fungsi otot.

Selain itu, snack kedelai sebelum latihan menyediakan energi yang cukup dari karbohidrat dan protein konten. Dengan energi yang cukup, tubuh dapat berolahraga lebih maksimal.

5. Membantu aliran darah

Saat berolahraga, tubuh membutuhkan aliran darah sehingga masing-masing organ dapat berfungsi dengan baik. Kabar baiknya, kedelai merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung arginine. Arginine adalah asam amino, blok bangunan protein, yang memiliki sifat penting dalam aliran darah.

Oleh karena itu, snack kedelai sebelum berolahraga dapat membantu mendukung sirkulasi darah ke seluruh tubuh, seperti otak, otot, jantung, dan paru-paru.