7 Jenis Makanan yang Justru Berbahaya Untuk Pencernaan dan Sembelit

Tidak semua makanan baik untuk kesehatan, oleh sebab itu anada harus pintar memilih makanan dan jangan terlalu memakan yang berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Berikut dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang justru berbahaya untuk pencernaan dan sembelit :

1. Makanan yang mengandung gluten

Gluten adalah protein yang biasa ditemukan dalam gandum dan tepung terigu diproses. Beberapa orang akan mengalami konstipasi ketika sebagian besar makan gluten. kondisi yang paling sulit yang disebabkan oleh intoleransi gluten adalah gangguan celiac. Itu adalah gangguan autoimun, kondisi sulit dicerna gluten dan efeknya merusak usus.

Gejala termasuk pembengkakan usus, kembung, nyeri perut untuk sembelit kronis. Orang yang menderita gangguan ini harus menjalani diet khusus hanya bisa makan bahan makanan bebas gluten.

7 Jenis Makanan yang Justru Berbahaya Untuk Pencernaan dan Sembelit
7 Jenis Makanan yang Justru Berbahaya Untuk Pencernaan dan Sembelit

2. minuman Gula pemanis

Sebagian besar konsumsi gula tidak hanya dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung. Tetapi juga buruk bagi pencernaan, seperti peradangan usus. Yang lebih buruk adalah peningkatan risiko kanker usus besar dan rektum.

Tanpa disadari, konsumsi gula sebagian besar dari minuman ringan, soda, teh, dan jus kemasan, es krim, minuman sachet, dan banyak lainnya. kandungan gula dalam minuman kemasan jauh lebih daripada jika kita membuat sendiri di rumah, Anda tahu. Sebaiknya tidak makan terlalu banyak ya manis.

3. Daging merah

Daging merah disebut sebagai penyebab paling umum dari sembelit. Ada tiga alasan yang mendasari. Pertama, kandungan serat dalam sangat sedikit daging merah. Kedua, secara tidak langsung, daging merah dapat mengurangi total asupan serat harian, terutama jika kita menjalankan diet tinggi protein.

Ketiga, kandungan lemak tinggi dari daging lainnya, seperti ikan dan unggas. Konsumsi serat minimal dan kandungan lemak yang tinggi akan memperburuk sembelit. Untuk memenuhi kebutuhan tinggi protein harian, tidak harus diperoleh dari daging merah, benar-benar. Ini juga bisa menjadi telur, tahu, tempe, ikan, atau ayam.

4. Nasi putih, roti putih, dan pasta

Tiga bahan makanan di atas jenis yang biasa karbohidrat yang kita makan. Sayangnya dalam proses pengobatan, kulit dan dedak (bekatul) yang kaya serat dan nutrisi bukannya dibuang. Hal ini dapat menyebabkan sembelit.

Karena karbohidrat dan makanan lainnya akan mengambil lebih banyak ruang di pencernaan daripada serat. Para ahli kesehatan merekomendasikan bahwa orang dengan sembelit akan mengganti nasi putih dengan sesuatu yang lebih serat.

Banyak yang beralih makan beras merah atau beras merah yang masih mengandung kulit atau disebut gandum. Namun perlu diingat, jika seseorang menderita sembelit untuk waktu yang lama, mengkonsumsi sejumlah besar serat benar-benar akan memperburuk kondisi.

Untuk menyembuhkannya, konsumsi serat berkurang sedikit demi sedikit sampai usus normal kembali. Memang, sebagian besar serat yang baik dikonsumsi secara teratur saat ini sedang pencernaan yang sehat.

5. makanan goreng dan cepat

Meskipun pisang goreng, singkong keju, tahu isi, dan weci mengerikan, tapi tidak baik juga jika dimakan terlalu sering. Semua makanan yang digoreng, terutama yang sudah beberapa kali minyak goreng, lemak jenuh sangat lambat dicerna.

makanan cepat saji atau makanan cepat saji seperti krispi ayam, kentang goreng, dan berbagai chip juga tinggi lemak jenuh. Sejumlah penelitian telah menemukan konsumsi sering makanan cepat saji dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

garam

6. Makanan Asin

Garam dikonsumsi dalam jumlah besar dapat mengurangi kadar air dalam kotoran dan kering, dan lebih sulit didorong keluar. tubuh dipaksa untuk menyerap air dari usus untuk mengimbangi kelebihan garam dalam darah, gangguan pencernaan usus dan kontraktor.

Makanan seperti gorengan, makanan cepat saji, daging diolah menjadi sosis, keripik kentang, mie instan, dan berbagai makanan ringan gurih mengandung kadar garam yang tinggi. Dalam rangka untuk menjaga kesehatan jangka panjang, mulai mengurangi asupan garam ya.

7. Pisang mentah

Fakta ini agak mengejutkan karena pisang merupakan pencahar terbaik. Pisang memproduksi serat pektin yang membantu menghilangkan sisa-sisa makanan secara teratur setiap hari.

Tapi jangan makan pisang mentah jika tidak pengin sembelit. pisang mentah mengandung rantai panjang glukosa yang sulit untuk dicerna. Berbeda dengan pisang matang, rantai glukosa diubah menjadi gula alami yang mudah dicerna.

pisang mentah juga mengandung banyak tanin, yang mengurangi kecepatan jalannya makanan dalam usus. Bagi penggemar salad atau rujak cingur sisipkan khas Jawa Timur, harus seimbang dengan minum banyak air setelah makan, ya. Karena salah satu utama cingur bahan salad adalah pisang hijau mentah.