5 Jenis Perawatan Rumahan yang Mampu Atasi Demam pada Balita

Sebagai seorang ibu, Anda akan sedih melihat anak lemas dan lesu karena demam tinggi yang dialami. Meskipun demam hanya masalah kesehatan yang relatif ringan, itu masih merupakan penyakit yang satu dapat mengundang gejala lain seperti batuk dan pilek. Berikut di bawah ini adalah jenis perawatan di rumah untuk ibu lakuakan untuk mengatasi anak demam :

1. Menyediakan alat pengecek demam

Ibu sigap akan menyiapkan semua kebutuhan anak, termasuk ketika kita sakit. Ketersediaan termometer di rumah untuk menjadi bagian dari peralatan harus dimiliki. Sebagai langkah pertama ketika demam sedikit, Anda dapat memeriksa suhu tubuh mereka menggunakan termometer.

5 Jenis Perawatan Rumahan yang Mampu Atasi Demam pada Balita
5 Jenis Perawatan Rumahan yang Mampu Atasi Demam pada Balita

Biasanya memakai termometer di mulut atau dijepit di ketiak. Sisihkan waktu untuk mendapatkan hasil yang akurat. Menghindari memeriksa di dahi dengan baik, karena hasilnya tidak akan terlihat.

2. Pastikan anak mengonsumsi banyak cairan

Anda pernah mendengar istilah, air adalah obat dari semua penyakit? Yap, sifat yang dimiliki oleh air putih tidak memberikan manfaat yang luar biasa.

Anda bisa cukup untuk asupan cairan kecil saat demam. Cairan tersebut dapat air atau susu. Pastikan anak Anda mendapatkan nutrisi terbaik. Konsumsi cairan pada saat demam adalah untuk menghindari dari serangan dehidrasi.

3. Mandi air hangat untuk menurunkan suhu tubuh anak-anak

Ketika anak demam mandi Anda, cobalah untuk tidak menggunakan air dingin. suhu dingin akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun dan membawa flu berat.

Cobalah untuk menghapus atau mandi dengan air hangat, air hangat dapat mencerminkan suhu tubuh dengan lingkungan sekitarnya dengan baik, sehingga si kecil kembali untuk beradaptasi dengan suhu kamar. Ketika tubuh terpapar untuk menghangatkan air, tubuh otomatis akan menurunkan suhu, yang membuat anak demam menurun.

4. Gunakan pakaian tipis untuk balita

Kebanyakan orang lebih suka menggunakan jaket atau sweater ketika Anda sakit. Namun ketika serangan demam disarankan untuk menggunakan pakaian yang tipis untuk memberikan sirkulasi udara yang baik untuk tubuh.

Untuk itu, kami mendorong Anda untuk berpakaian seperti kemeja tipis katun dan celana bukannya wol untuk bayi. Biarkan suhu tubuh bersama-sama dengan suhu di dalam ruangan. Penggunaan selimut asal oke tidak terlalu tebal yang bisa membuat panas tubuh.

5. Jaga suhu kamar

Menjaga suhu ruangan untuk tetap tenang adalah salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan di rumah ketika demam sedikit. suhu tubuh panas karena demam secara perlahan beradptasi dengan suhu dingin. Tapi ingat, jangan menyalakan AC dengan suhu maksimum. Sebaliknya, mengatur suhu sehingga anak Anda tidak dingin.