5 Penyebab Leukemia pada Anak dan Hindari Leukemia dengan Hidup Sehat

Ternyata leukemia ini menyerang anak-anak usia 3-5 tahun dan tidak hanya mempengaruhi anak-anak yang memiliki riwayat keturunan kanker. Untuk itu mari kita biasakan hidup sehat dan tahu 5 faktor yang menyebabkan leukemia pada anak-anak berikut di bawah ini:

1. Hindari bahan kimia penyebab kanker

Salah satu penyebab leukemia kini ternyata banyak karena bahan kimia berbahaya yang benar-benar mudah untuk menemukan di rumah. Bahan kimia ini terkandung dalam perabot rumah tangga yang tidak akan terduga, seperti sepatu, pakaian, sofa, karpet, selimut dan bahkan cat dinding.

5 Penyebab Leukemia pada Anak dan Hindari Leukemia dengan Hidup Sehat
5 Penyebab Leukemia pada Anak dan Hindari Leukemia dengan Hidup Sehat

Bagaimana bisa? Periksa penjelasannya ya, Mom. Sangat kandungan kimia berbahaya dan menjadi salah satu penyebab leukemia adalah perkloroetilena. Sebuah studi dari American Cancer Society menemukan bahwa paparan tinggi untuk perkloroetilena dapat meningkatkan risiko kanker sel darah putih (leukemia) dan kanker paru-paru.

Perchloroethylene dapat ditemukan di semir sepatu, kayu bersih, dan digunakan untuk dry cleaning. Benda-benda yang terkena perkloroetilena sebagian besar disimpan di rumah dan digunakan oleh anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Bahan kimia berbahaya bisa masuk ke dalam tubuh melalui udara yang dihirup saat bernafas.

2. keturunan dan keluarga memiliki riwayat kanker

Faktor genetik menjadi salah satu penyebab paling umum dari anak yang terkena leukemia. Ketika dalam keluarga seperti orang tua, kakek-nenek atau saudara kandung dari darah yang sama tidak pernah terkena leukemia, bisa jadi Anda dan anak Anda dengan penyakit juga berisiko. Orang-orang yang memiliki warisan leukemia tentu kemungkinan dia terkena akan lebih besar daripada yang lain yang keluarganya memiliki riwayat kanker.

Ada pencegahan dan hidup sehat dan kesehatan rajin diperiksa secara teratur. Hal ini harus dilakukan sehingga jika ternyata dipengaruhi oleh leukemia, dokter dapat mendeteksi dini dan penanganan yang cepat. Ketika sudah dikenal sejak awal, penyakit ini dapat ditangani dengan cepat dan kemungkinan untuk pulih lebih besar.

3. Kelainan genetik bawaan

Anak-anak yang terkena leukemia juga bisa disebabkan dari ketidakcocokan sel darah tua. Darah yang tidak cocok ini membuat kesalahan genetik. Kemudian mutasi DNA juga menyebabkan non-aktif gen supresor akhirnya memicu leukemia. Off gen supresor karena perubahan gen kedua orang tua untuk kesalahan genetik terjadi pada tubuh anak.

pemicu penyebab lain dari leukemia pada anak-anak adalah gangguan yang telah dibawa sejak lahir. Salah satunya adalah seorang anak yang lahir dengan sindrom Down. anak yamg memiliki sindrom Down dipengaruhi memiliki potensi untuk mengembangkan leukemia dibandingkan dengan anak yang sehat.

4. Kekebalan tubuh yang lemah dari virus

Setiap anak memiliki sistem imun atau kekebalan yang berbeda. Anak-anak yang memiliki kekebalan tubuh lemah akan lebih rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk leukemia. Sebagai orang tua, Anda harus pintar dan mengerti bagaimana kondisi tubuh anak. Jika anak Anda tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang rapuh, Anda harus ekstra untuk menjaga kesehatan mereka dalam hal makanan dan gaya hidup.

Leukemia juga dapat disebabkan oleh virus yang mengganggu sistem metabolisme pada anak-anak. Nama virus kelumia kucing adalah virus dan retrovirus. Virus ini tentu akan lebih mudah menyerang anak kekebalan tubuh lemah dan sakit.

5. Sering menghirup asap rokok

Anak-anak sering menghirup jelas asap rokok memiliki peningkatan risiko kanker, termasuk leukemia, lebih besar dari seorang anak yang tinggal pola yang lebih sehat. Pada rokok terkandung banyak bahan kimia yang bila terhirup dalam jangka panjang akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Asap rokok tidak hanya akan mengorbankan orang kecil, tetapi perokok sendiri juga bisa menderita kanker paru-paru dan kanker lainnya.